Selamat Datang

19 Januari 2010

19-21 Januari, Jabodetabek Berpotensi Hujan Angin Kencang


JAKARTA, EPICENTRUM — Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada periode 19-21 Januari 2010.

Berdasarkan Peringatan Dini Cuaca 19-21 Januari yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Selasa (19/1/2010), Jabodetabek termasuk di antara banyak daerah yang diperkirakan akan diterpa hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Daerah lainnya antara lain Sumatera bagian selatan, pesisir barat Sumatera, pesisir timur Sumatera bagian selatan, serta Kalimantan bagian timur dan barat. Selain itu, daerah rawan hujan angin kencang juga diperkirakan akan melanda sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku Utara dan Tenggara, serta Papua bagian tengah dan selatan.

Menurut BMKG, potensi cuaca tersebut disebabkan adanya daerah tekanan rendah di sebelah utara dan barat Benua Australia. Hal itu mengakibatkan terbentuknya daerah pumpunan/pertemuan angin yang memanjang dari Sumatera bagian tengah hingga Laut Jawa serta dari Laut Maluku hingga Papua Barat yang berpengaruh terhadap proses pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitarnya.

Potensi cuaca itu juga ditunjang data bahwa terjadinya nilai labilitas udara yang berada dalam tingkat cukup labil dan tingkat kelembaban udara yang cukup besar.
Selain itu, terdapat pula tingkat suhu muka laut yang masih hangat yang mendukung pertumbuhan awan hujan, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. (sumber:KOMPAS.com)

Tidak ada komentar: