Selamat Datang

19 Februari 2010

Untuk Kemanusiaan, 6 Buku Diluncurkan


JAKARTA, EPICENTRUM - Para sastrawan dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam yang tergabung dalam Group Pembuatan Buku-buku untuk Kemanusiaan, berhasil menerbitkan enam buku untuk disumbangkan bagi kemanusian. Penerbitan buku-buku tersebut diilhami dari bencana alam gempa yang melanda Sumatera Barat, 30 September 2009.

Eviwidi dari Divisi Penerbitan Bisnis2030 mengatakan, proyek buku yang ditujukan kepada setiap insan yang mengalami penderitaan akibat bencana dan trategi kemanusiaan lainnya itu, dikoordinatori oleh sastrawan dunia Leonowens SP. "Kami berbangga hati atas kepeduliaan dari penulis-penulis yang terlibat dalam proyek kemanusiaan ini, terhimpun dari berbagai suku, ras, agama, dan golongan yang berbeda," katanya, Jumat (19/2/2010) di Jakarta.

Enam buku yang ditebritkan Bisnis2030 dan telah diluncurkan pekan lalu adalah Padang 7,6 Skala Richter, Suara-suara Nurani dan Kalbu, Suara-suara Adam, Suara-suara Hawa, Jejak Para Kaul I, dan Jejak Para Kaul II. Ada 99 penulis dan sastrawan yang terlibat dalam penulisan itu, yang sebagian besar mereka tidak pernah saling bertatap muka antara yang satu dengan yang lainnya.

Leonowens SP mengatakan, sastra harus berbuat dan berpraksis bagi kemanusiaan, alam, dan dinamika kehidupan. "Setiap pergerakan zaman dan perubahannya telah menjadikan sastra sebagai salah satu motorik bagi perubahan untuk kemanusiaan itu sendiri," katanya. [sumber:KOMPAS.com]

Tidak ada komentar: