Selamat Datang

6 Maret 2008

Plastik untuk Mahasiswa

SETELAH membaca judul itu, jangan terburu-buru mengernyitkan dahi. Sebab plastik yang diperuntukkan bagi mahasiswa di sini bukan sembarang plastik.
Plastik yang dimaksud adalah pelatihan jurnalistik. Pelatihan ini merupakan program tahunan Himpunan Mahasiswa Jurnalistik Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik (IISIP), Jakarta.
Untuk tahun ini, Plastik digelar dalam empat pertemuan, yakni pada 9 Januari, 17 Januari, 23 Januari, dan 31 Januari 2008.
Bertempat di ruang Audio Visual Auditorium (AVA), Plastik menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten, mulai dari akademisi seperti Ketua Jurusan Ilmu Jurnalistik IISIP Mulharnetty Syas, sampai praktisi seperti redaktur opini surat kabar Seputar Indonesia Nurbudi Harianto, Ketua Studio 51 Pryo, serta produser sekaligus reporter Prambors Titi Permatasari yang juga merupakan alumni IISIP.
Menurut Ketua Panitia Plastik, Ratih Daniasih, dengan mengikuti Plastik, ada banyak keuntungan yang diperoleh peserta. Bukan hanya materi-materi jurnalistik, melainkan juga kesempatan untuk langsung mempraktikkan ilmu-ilmu yang telah didapat bersama dengan pembicara.
Karenanya, peserta tidak pernah bosan mengikuti Plastik. Apalagi, setelah mengikuti pelatihan, seluruh peserta berkesempatan memamerkan hasil karya mereka, baik berita maupun foto pada Februari mendatang.
Ratih berharap melalui kegiatan ini, para mahasiswa akan lebih mengetahui dunia jurnalistik dan dapat berpikir kritis sesuai dengan tema acara, yakni Dunia jurnalistik dan realita.
Kampus Tercinta Cup III
DALAM rangka mencari bibit baru dari mahasiswa angkatan 2006/2007 dan mempersiapkan Liga Basket Mahasiswa (Libama) pada Agustus mendatang, Unit Kegiatan Mahasiswa IISIP menggelar Turnamen Basket Kampus Tercinta Cup III pada 14-19 Januari 2008.
Menurut Ketua Panitia Turnamen, Panji, pada turnamen ini, ada sembilan tim yang ikut dalam pertandingan. Selain tim yang mewakili setiap angkatan, pada pembukaan turnamen, turut ambil bagian tim IISIP yang berisikan para pemain Libama 2007 serta tim Old Star yang merupakan alumni IISIP.
Oleh karena itu, setiap pertandingan dalam turnamen ini selalu kebanjiran penonton.
Banyak kegembiraan dalam turnamen ini. Namun, juga ada kekecewaan dari beberapa tim, khususnya yang tidak bisa mencapai target mereka. Seperti yang dituturkan Arnold, salah satu anggota tim Quickie Express, yang merupakan wakil dari mahasiswa angkatan 2004, mereka kecewa hanya bisa menjadi juara kedua pada turnamen ini. Padahal, target mereka adalah menyabet gelar juara pertama.
"Tapi, mau bagaimana? Pada turnamen ini memang kami kekurangan pemain. Hanya ada lima pemain tetap yang ikut, tanpa pemain cadangan," kata Thomas Aquinus, Kapten tim Quickie Express.
Kendati begitu, hampir seluruh tim maupun suporter ikut bergembira dan terhibur dalam turnamen ini. Mengenai persiapan Libama, Panji mengatakan rekrutmen akan segera dilakukan dan pelatihan dimulai sejak Februari.Rizki Putri/T-1

Tidak ada komentar: