Selamat Datang

26 Oktober 2008

Kegiatan Positif Di Bulan Ramadhan


Banyak cara untuk memperoleh pahala di bulan suci ini. Selain beribadah, pahala juga dapat diperoleh dengan mengisi kegiatan sehari-hari dengan berbagai hal positif lainnya seperti yang banyak dilakukan BEM, HIMA dan UKM Kampus Tercinta pada bula yang oenuh berkah ini.

Selama bulan Ramadhan banyak kegiatan sosial yang dilakukan oleh berbagai lembaga-lembaga yang ada, seperti Bakti Sosial (Baksos), buka bersama, Sahur on The Road dan lainnya. Nampaknya kesempatan positif ini tak akan dilewatkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa (HIMA) serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus tercinta IISIP Jakarta.

Kegiatan yang dilakukan BEM sendiri bukan hanya mengadakan buka puasa bersama teman-teman mahasiswa serta pihak Rektorat Institut Ilmu Sosial dan Politik (IISIP) Jakarta, namun kegiatan yang diadakan adalah Baksos dan Sahur on The Road. Untuk Baksos yang semula direncanakan berlangsung pada Sabtu (20/9) baru dapat terlaksana Senin (22/9) di wilayah Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Mereka akan membagikan beras kepada warga sekitar sebelum berbuka puasa. Sedangkan untuk Sahur on the road rencananya akan dilaksanakan Rabu (24/9) di wilayah Jagakarsa. Hal ini dilakukan guna semakin menumbuhkan rasa empati terhadap warga yang membutuhkan bantuan.

Bukan hanya BEM saja yang melakukan kegiatan sosial semacam ini. Lembaga Dakwah Kampus (LDK), salah satu UKM yang ada di IISIP Jakarta, turut mengadakan SANLAT (Pesantren Kilat) dengan tema ”SANLAT DESIGN GRAFIS”. Mereka memiliki konsep acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain mengadakan kegiatan yang dapat menambah keimanan selama bulan Ramadhan, SANLAT kali ini dilengkapi dengan adanya pelatihan Design Grafis yang diberikan secara gratis bagi para pesertanya. Selain itu peserta SANLAT kali ini bisa mendapatkan sertifikat karena telah berpartisipasi dalam pelatihan Design Grafis.

Ade Ifansyah, Ketua Panitia, menuturkan tujuan diadakannya kegiatan SANLAT DESIGN GRAFIS ini selain meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan pemahaman tentang Islam, juga bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh ilmu baru yang bermanfaat, yaitu mengetahui bagaimana cara-cara mendesain. Acara ini diadakan pada 20-21 September 2008 bertempat di SDIT Nurul Fikri Kelapa Dua, Depok.

Tidak hanya LDK yang mengadakan kegiatan SANLAT DESIGN GRAFIS dan BEM yang mengadakan BAKSOS serta Sahur on The Road, Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HIMAJUR) juga mengadakan acara yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya, yaitu acara yang bertajuk BUBAR atau buka bersama. BUBAR ditujukan untuk seluruh anggota aktif maupun pasif HIMAJUR.

Saat ditemui oleh Epicentrum, Galih sang ketua pelaksana BUBAR, mengatakan diadakannya BUBAR guna menjalin silaturahmi sesama anggota HIMAJUR yang aktif maupun pasif, mensolidkan antara senior dan juniornya, serta merangkul anak-anak 2008 yang akan bergabung menjadi anggota HIMAJUR kelak. Acara ini diadakan di ruang 2.4 pada Selasa (23/9), hanya dengan membayar uang sebesar Rp 20.000,-.

Tentunya kegiatan-kegiatan positif semacam ini akan banyak ditiru dan dimanfaatkan momen baiknya untuk menambah keimanan serta ketakwaan di Bulan Ramadhan. Terbukti kegiatan inipun dilakukan oleh HIMA dan UKM lainnya seperti HIMAPOL.(E2)

Tidak ada komentar: