Selamat Datang

31 Desember 2009

Semarang Siaga Hadapi Banjir

SEMARANG, EPICENTRUM - Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan diri dan menyiagakan seluruh personel untuk menghadapi kemungkinan adanya banjir yang biasa melanda Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Semarang Prasetijo, di Semarang, Rabu (30/12), mengatakan bahwa dalam menghadapi musim penghujan seluruh jajaran pemerintah hingga tingkat kelurahan dan RT/RW serta seluruh instansi telah mempersiapkan diri.

"Mereka telah mengetahui peta daerah bencana banjir dan longsor," katanya.

Mengenai sarana dan prasarana seperti pos bencana, dapur umum, perahu karet, sembako, seluruhnya telah siap.

Prasetijo menambahkan, untuk penanganan banjir telah disiapkan dana dari Pemerintah Kota Semarang sebesar Rp10,7 miliar.

"Jika banjir dan longsor, Pemkot Semarang sudah dapat bantuan dari Pemerintah Pusat untuk renovasi dan rehabilitasi Kota Semarang untuk daerah kanal dan sungai," katanya.

Prasetijo juga meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada jika hujan lebat.

"Jika ketinggian air sampai 50 sentimeter, maka perlu diwaspadai terutama untuk daerah genangan dan langganan banjir," katanya.

Wali Kota Semarang Sukawi Sutarip menambahkan, terkait penanganan korban banjir, Pemeritah Kota Semarang telah bekerjasama dengan Komando Distrik (Kodim) setempat.

"Kita harapkan kerjasama ini bisa luar biasa. Kita kerjasama dengan Kodim dan Babinsa (bintara pembina desa, red.)," kata Sukawi.

Pada awal tahun 2009, Kota Semarang dilanda banjir bahkan sejumlah tempat pelayanan publik lumpuh karena akses menuju lokasi terhadang banjir.

sumber : mediaindonesia.com

Tidak ada komentar: