Selamat Datang

1 Oktober 2011

Bebas Jerawat dengan Apel

Oleh : Ruthsya.S.Kusuma

EPICENTRUM -- Setiap orang pasti mendambakan wajah yang sehat, bersih dan terbebas dari jerawat. Jerawat timbul karena kulit yang tidak normal dimana terjadi infeksi dan radang pada kelenjar minyak pada kulit manusia.


Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitannya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, ”Tak ada satu orang pun didunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”. Hal tersebut di sebabkan oleh perubahan hormonal yang merangsang minyak di kulit.

Penyebab lain timbulnya jerawat adalah produksi minyak berlebihan, sel-sel kulit mati, bakteri, kosmetik, obat-obatan, keturunan, stress, produksi keringat berlebihan, bakteri dan makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi. Jerawat sendiri di golongkan ke dalam beberapa tipe, yang pertama komedo, jerawat biasa dan jerawat batu (Cystic acne).

Jerawat dapat dihilangkan secara alami tanpa harus menggunakan obat-obatan yang justru mengandung bahan kimia yang  menyebabkan kerusakan pada kulit. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Buah apel bisa menjadi pilihan untuk mengobati jerawat.

Buah merah mengkilap ini ternyata banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Buah Apel kaya akan kandungan vitamin, beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9,vitamin C.

Menurut para ahli, buah apel yang telah difermentasi menjadi cuka (Apple Cider Vinegar) memiliki khasiat meminimalisir jerawat karena mengandung Astrigent dan AHA( Alpha Hidroxy Acid) alamiah (asam malat) yang baik untuk membantu mengontrol kadar minyak dalam kulit wajah, mencerahkan kulit dan membantu pemulihan jaringan kulit yang rusak akibat jerawat.

Apple Cider Vinegar juga memiliki solusi asam membantu dalam menyembuhkan jerawat dengan berperang melawan bakteri, melarutkan kelebihan minyak dari pori-pori kulit dan dapat  mempertahankan PH kulit dan dapat digunakan dengan cara dilarutkan ke dalam air lalu diusapkan dengan menggunakan kapas pada wajah yang telah di bersihkan atau mendaftar langsung ke kulit yang terinfeksi jerawat.

Selain jerawat, apel mengandung anti oksidan yaitu zat yang mampu memperlambat atau mencegah oksidasi. Senyawa dalam antioksidan mampu melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas. Hal tersebut dalam dapat menghambat terjadinya kanker, penuaan dini, penyakit lainnya. Oleh sebab itu terdapat trik untuk memaksimalkan manfaatnya, jangan membuang kulitnya, kulit apel memiliki dua sampai enam kali senyawa antioksidan.(ONC/FAN/RUT)

Tidak ada komentar: