Selamat Datang

1 Oktober 2011

Ssstt... Ada yang Baru di Teater Kinasih

Oleh : Ruthsya Stevania Kusuma dan Fitri 

Teater Kinasih (kredit foto: Kaphac32 IISIP Jakarta)
EPICENTRUM -- Kampus Tercinta IISIP Jakarta kembali kedatangan mahasiswa baru. Selain mengikuti kegiatan perkuliahan, sudah menjadi tradisi mahasiswa untuk mengikuti berbagai macam jenis kegiatan yang ada di kampus, seperti  HIMA (Himpunan Mahasiswa) dan UKM  kampus mempersiapkan untuk open reqrutment bagi mahasiswa baru yang memiliki bakat tertentu. Salah satunya adalah UKM Teater Kinasih.


UKM ini terbentuk dari sebuah komunitas bernama Dapur Seni (DAPSI). UKM ini memulai perjalanannya Pada 23 Maret 1993. Kinasih sendiri memiliki arti “yang terkasih”.  Kinasih menciptakan beberapa insan manusia yang mencintai suatu karya seni yang memiliki sekitar 40 anggota.

Dalam persiapan menyambut mahasiswa baru tahun ini, teater Kinasih memiliki perbedaan dengan tahun kemarin. Dapat dilihat ketika presentasi saat KMP (Kuliah Minggu Pertama) tidak banyak anggotanya yang datang di karenakan kesibukan para anggotanya.


“Perbedaannya sih tahun lalu itu kita lebih prepare persiapannya. Karena anggota-anggotanya belum banyak yang lulus dan kerja. Tapi tahun ini temen-temen yang dateng Cuma beberapa aja. Itu pun disempet-sempetin datang dari tempat kerjaannya”, jelas Ridwan salah satu anggota teater kinasih


Menurutnya minat dari mahasiswa baru saat ini dapat saja berkurang. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri dari tahun ke tahun. Karena seni teater mulai berubah dengan seiring perkembangan jaman. “Karena teater itu mulai tergerus dengan yang namanya film dan beberapa kesenian yang lain. Di tengah arus itu kita harus masih terus bertahan karena memang induk semua kesenian itu ada diteater dan maka dari itu kita tetep menjaga kelestariannya,” Tambahnya.


“Untuk presentasi, Teater Kinasih udah bagus. Tapi kalau sekarang ini, aku belum minat ke dunia Seni, kalau untuk minat aku lebih minat ke fotografi,” ujar Dewi, mahasiswa IISIP jurusan Jurnalistik 2011.


Pada tahun ini Teater Kinasih akan mengadakan open reqruitment yang rencananya nanti akan ada pementasan keliling ke daerah Bandung dan Yogyakarta. Pendaftaran dibatasi kepada mahasiswa yang ingin serius dalam bidang teater saja.


“Mungkin bakalan lebih banyak ngerekrut cewek nantinya. Soalnya lebih kelihatan skill-nya dan lebih serius,”Jelas Ayudia salah satu anggota dari angkatan 2010.


Untuk masalah pendanaan untuk open reqruitment, UKM ini mendapat bantuan dari pihak kampus. Walaupun tidak seperti yang diharapkan. Namun bantuan yang lainnya juga dari swadaya mahasiswa-mahasiswanya. Semoga dengan adanya Teater Kinasih kembali meningkatkan minat generasi muda untuk kembali mengembangkan budaya teater Indonesia. (FAN/RUT/FIT)

Tidak ada komentar: