Selamat Datang

1 Oktober 2011

Kesaktian Pancasila Mulai Dilupakan


Oleh: Dheni H Rachman
 

EPICENTRUM -- Wakil Bupati Bogor, H. Karyawan Fathurachman, saat ditemui usai memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2011 mengatakan bahwa, seluruh bangsa Indonesia perlu memaknai Hari Kesaktian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, dengan memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila, maka kita akan mampu mengembalikan Pancasila sebagai dasar Negara yang saat ini cenderung mulai dilupakan.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, tentunya wajib dijadikan bahan perenungan tentang bagaimana bangsa Indonesia saat ini menggunakan Pancasila untuk hidup berbangsa dan bernegara, di tengah situasi krisis maupun disintegrasi moral dan mental”, tandas Wabup.

Wabup menambahkan, peringatan hari kesaktian pancasila ini penting dilaksanakan. Hal ini dikarenakan selain sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah mempertahankan pancasila sebagai ideologi negara,

“Yang terpenting adalah  bahwa pancasila itu lahir dari akar sejarah budaya bangsa yang mengadung nilai-nilai historis dan falsafah luhur yang bersifat universal. Jadi harus diperjuangkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”, tegasnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupeten Bogor yang digelar di Lapangan Tegar Beriman Komplek Perkantoran Pemkab Bogor-Cibinong. Sabtu, (1/10/2011) tersebut, diisi dengan pembacaan ikrar tentang kebulatan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila, yang  dibacakan Wakil Bupati Bogor H. Karyawan Fathurachman.

Kemudian seperti pada pelaksanaan upacara lainnya  juga diisi dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor H. Adjat Sudradjat serta Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Kapolres Bogor AKBP. Hary Santoso, S.I.K., M.H.

Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib. Itu, selain diikuti oleh para pelajar tingkat SMP, SMU dan Pramuka, juga diikuti ratusan peserta lainnya yang terdiri dari PNS, TNI, Polri dan para Kepala SKPD Pemkab Bogor serta Unsur DPRD dan Muspida Kabupaten Bogor.

Tidak ada komentar: