Selamat Datang

5 Januari 2010

Barcelona Terancam Kehilangan Masa Depan


BARCELONA, EPICENTRUM — Kontrak empat pemain muda berbakat Barcelona, yaitu Gai Assulin, Jonathan dos Santos, Victor Vazquez, dan Thiago Alcantara, habis 30 Juni. Keempat pemain ini berpotensi hengkang karena Barcelona kesulitan memperpanjang kontrak baru.

Menurut Sport, salah satu kesulitan Barcelona adalah skuad tim senior saat ini sudah terlalu gemuk. Hal ini membuat Barcelona berada dalam dilema. Pasalnya, memperpanjang kontrak tanpa diikuti kemampuan memberi jam terbang reguler akan menambah beban keuangan klub dan membunuh perkembangan pemain. Namun, mengingat bakat keempat orang ini, menjual mereka juga merupakan kerugian.

Adapun pelatih Josep "Pep" Guardiola sangat mengagumi bakat keempat orang ini. Itu ditunjukkannya dengan menolak pembelian pemain baru di bursa transfer untuk mencari pengganti Yaya Toure dan Seydou Keita yang pulang kampung untuk mengikuti Piala Afrika. Pep bertekad menjadikan momen ini untuk memberi kesempatan pemain muda mengasah kemampuan.

Hasil eksperimen Pep cukup memuaskan. Ketika Barcelona menghadapi Villarreal dalam lanjutan Divisi Primera, akhir pekan lalu, ia coba menyelipkan Jonathan Dos Santos dalam barisan starter Barcelona. Meski laga berakhir imbang 1-1, penampilan Jonathan memuaskan Pep.

Pep berharap menemukan cara mempertahankan para pemain ini. Ia tidak ingin, Barcelona mengulang kesalahan ketika melepas Cesc Fabregas ke Arsenal atau Gerard Pique ke Manchester United. Ia dan Barcelona sedang mempertimbangkan kemungkinan meminjamkan keempat pemain ini ke klub lain.

Sementara itu, Barcelona sedang serius menegosiasikan perpanjangan kontrak dengan Pique. Kontrak Pique habis akhir musim ini. Bila tak segera tercapai kesepakatan, Pique bisa membuka negosiasi transfer dengan klub lain dan pindah pada akhir musim sebagai free agent. (sumber: KOMPAS.com)

Tidak ada komentar: