Selamat Datang

8 Januari 2010

Wow... 16 Dosen Indonesia Belajar Kewirausahaan di AS


JAKARTA,EPICENTRUM - Sebanyak 16 dosen dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air yang diseleksi ketat berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar kewirausahaan di pusat pendidikan kewirausahaan ternama, Kauffman Foundation. Pelatihan khusus bagi dosen-dosen ini akan memungkinkan meluasnya pendidikan kewirausahaan dan tumbuhnya banyak wirausahawan di Indonesia.

"Kita perlu perbanyak lokomotif itu, yakni entrepreneur, supaya lapangan kerja semakin banyak"
-- Ciputra

Pelepasan para dosen untuk mengikuti program Global Faculty Visitor Program 2010 itu dilaksanakan di Universitas Ciputra Entrepreneurship (UCEC) di Jakarta. Sebanyak 11 dosen berangkat dengan biaya dari pemerintah, sementara lima lainnya dibiayai UCEC.

Ciputra, Pendiri UCEC, mengatakan kesempatan belajar dan studi banding tersebut bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi para pendidik untuk melakukan lompatan jauh ke depan dalam meningkatkan pembelajaran entrepreneurship di kampus atau di berbagai tempat usaha di seluruh Indonesia.

"Jika diibaratkan kereta api, Indonesia sudah kebanyakan 'gerbong'. Akibat lokomotif yang terbatas, gerbong-gerbong semakin tidak tertarik. Kita perlu perbanyak lokomotif itu, yakni entrepreneur, supaya lapangan kerja semakin banyak," kata Ciputra.

Hendarman, Direktur Kelembagaan, Ditjen Pendidikan Tinggi, mengatakan pendidikan kewirausahaan bagi dosen sudah dilakukan sejak tahun lalu. Dia menambahkan, lebih dari seribu dosen sudah mendapat pendidikan kewirausahaan untuk mengembangkan pusat kewirausahaan dan inkubator bisnis di kampus-kampus.(sumber: KOMPAS.com)

Tidak ada komentar: